Minggu, 28 Desember 2014

pengertian perusahaan



1.       Pengertian perusahaan
Organisasi yang didirikan oleh seseorang atau sekelompok orang atau badan lain yang kegiatannya melakukan produksi dan distribusi guna memenuhi kebutuhan ekonomis manusia dengan cara yang menguntungkan.
2.       Jenis-jenis perusahaan menurut hukumnya
Ø  CV (Persekutuan Komanditer) : persekutuan yang didirikan 2 orang atau lebih
Ø  Koperasi : organisasi ekonomi rakyat yang berwatak social, beranggotakan orang-orang atau badan hukum
Ø  Yayasan : suatu badan dimana tujuannya bukan mencari keuntungan tetapi lebih menitik beratkan pada usaha-usaha sosial
Ø  Perseroan Terbatas : suatu badan dimana mempunyai hak dan kewajiban sendiri secara terpisah dari kekayaan pribadi masing-masing serta keanggotaan persereon ditujukan dengan jumlah kepemilikan saham perusahaan
3.       Perbedaan bank konvensional & bank syariah
Perbedaan
Bank syariah
Bank konvensional
Falsafah
Tidak berdasarkan spekulasi, dan ketidakjelasan
Berdasarkan bunga
Operasional
Penyaluran pada usaha yang halal dan menguntungkan
Dana masyarakat berupa simpanan yang harus dibayar bunganya pada saat jatuh tempo
Aspek sosial
Dinyatakan secara eksplisit dan tegas yang tertuang dalam misi dan visi
Tidak diketahui secara tegas
organisasi
Harus memiliki dewan pengawas syariah
Tidak memiliki dewan pengawas syariah

4.       Lembaga keuangan non bank yang ada di Indonesia
Ø  koperasi kredit: suatu lembaga keuangan berbentuk koperasi yang usahanya dibidang simpan pinjam
Ø  perum pegadaian: perusahaan umum milik pemerintah yang kegiatannya memberikan pinjaman uang yang besarnya senilai dengan barang yang diserahkan
Ø  perusahaan asuransi: lembaga yang menghimpun dana memalui penarikan premi asuransi dan menjanjika akan member ganti rugi apabila terjadi suatu musibah yang menipa pihak yang bersangkutan
Ø  lembaga dana pensiun: dana pension ini diperoleh dari pemotongan gaji pegawai setiap bulan selama masih aktif bekerja, ketika pegawai telah pensiun tiap bulan akan mendapatka uang pensiun
Ø  lembaga pembiayaan: badan usaha yang melakukan kegiatan pembiayaan dalam bentuk penyediaan dana atau barang modal dengan tidak menarik dana langsung dari masyarakat
Ø  bursa efek: bertemunya pihak yang menawarkan dengan pihak yang memerlukan dana (obligasi, saham)
5.       Pengertian Kartel, Joint Venture, Merger, Trust
Ø  Kartel : Kerjasama antara beberapa perusahaan yang sejenis di bawah suatu perjanjian tetapi masing-masing perusahaan tersebut masih berdiri sendiri dan mempunyai kedudukan yang sama dan waktu perjanjiannya bersifat sementara
Ø  Joint Venture : penggabungan beberapa badan usaha untuk mendirikan satu bentuk usaha bersama dengan modal bersama.
Ø  Merger : proses difusi dua perseroan dengan salah satu diantaranya tetap berdiri dengan nama perseroannya sementara yang lain lenyap dengan segala nama dan kekayaannya dimasukan dalam perseroan yang tetap berdiri tersebut
Ø  Trust : peleburan beberapa badan usaha menjadi sebuah perusahaan yang baru sehingga diperoleh kekuasaan yang besar dan monopoli
6.       Gambar daur/siklus hidup suatu produk















7.       4P dalam kegiatan utama pemasaran
Ø  Product(produk)
Produk adalah
hasil dari proses produksi perusahaan yang nantinya akan dijual perusahaan atau barang yang dibeli u/ dijual kembali kepada konsumen akhir
Ø  Price(harga)
Harga merupakan alat untuk mengukur nilai suatu barang, harga bagi produsen merupakan penentu bagi permintaan pasar dan mempengaruhi posisi pesaing perusahaan dalam merebut konsumen
Ø  Place(distribusi/tempat)
Produk yang telah dihasilkan oleh suatu perusahaan akan lebih berguna bagi kensumen/pembeli apabila produk tersebut tersedia pada tempat dan saat dimana saja dibutuhkan
Ø  Promotion(promosi)
Promosi adalah suatu usaha perusahaan atau individu memberikan informasi dan mempengaruhi serta menarik konsumen secara langsung terhadap produk yang dihasilka
n
8.       Bentuk-bentuk organisasi
Ø  organisasi LINI : bentuk organisasi yang didalamnya terdapat garis wewenang yang menghubungkan langsung secara vertikal antara atasan ke bawahan
Ø  organisasi fungsional : suatu organisasi dimana wewenang dari pimpinan tertinggi dilimpahkan kepada kepala bagian yang mempunyai jabatan fungsional untuk dikerjakan kepada para pelaksana yang mempunyai keahlian khusus
Ø  organisasi matrik : organisasi dimana penggunaan struktur organisasi menunjukkan dimana para spesialis yang mempunyai ketrampilan di masing-masing bagian dari kegiatan perusahaan dikumpulkan lagi menjadi satu untuk mengerjakan suatu proyek yang harus diselesaikan
9.       Pengertian Franchisee & Franchisor
Ø  franchisee : badan usaha atau perorangan yang diberikan hak untuk memanfaatkan  atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas yang dimiliki pemberi waralaba
Ø  Franchisor : badan usaha atau perorangan yang memberikan hak kepada pihak lain untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas usaha yang dimilikinya
10.   Perbedaan kewirausahaan & bisnis kecil
secara sederhana perbedaan antara perusahaan kecil dengan kewirausahaan adalah berbentuk seorang pemimpin yang mampu memimpin anggotanya untuk mencapai tujuannya tersebut. Sedangkan perusahaan kecil berbentuk organisasi atau kelompok kecil
11.   Pengertian produksi & tipenya
produksi adalah kegiatan perusahaan untuk menghasilkan barang atau jasa dari bahan-bahan atau sumber-sumber faktor produksi dengan tujuan untuk dijual lagi.
tipe produksi :
Ø  tipe proses produksi terus menerus : biasanya terjadi pada industri-industri yang hanya memounyai satu shift operasi atau kegiatan tersebut tidak terhenti dalam jangka waktu yang lama serta barang yang dihasilkan hampir mempunyai bentuk hampir sama. contohnya : perusahaan semen, tekstil, mobil. dll
Ø  tipe proses produksi terputus-putus : tipe ini digunakan pada perusahaan-perusahaan yang diproduksinya berdasarkan pesanan dari konsumen(pembeli yang akan membeli). misalnya : meubel, pakaian. dll
12.   Pengertian pendekatan manajemen & pendekatan fungsi
Ø  Pendekatan serba manajemen mempelajari pemasaran dengan menitik beratkan pada pendapat manajer serta keputusan yang mereka ambil.
Ø  Pendekatan serba fungsi mempelajari jumlah dan macam dari fungsi ini tergantung pada macam produk dan kebiasaan dalam perdagangan.
13.   Politik penetapan harga
Penetapan Harga Psikologis : kebijakan ini biasanya digunakan untuk penjualan barang tingkat pengecer.
Price Lining :  price lining ini lebih banyak digunakan oleh pengecer daripada pedagang besar atau produsen
Potongan Harga : pengurangan dari harga yang ada.
Penetapan Harga Geografis : disini penjual harus mempertimbangkan ongkos kirim atau angkut untuk barang-barang yang disampaikan pada pembeli
14.   Gambar bagan organisasi LINI



15.   Ciri-ciri saham syariah di BII
Ø  Saham syariah mempunyai produk dan mekanisme transaksi yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.
Ø  Perusahaannya harus memiliki manajemen dan usaha yang sesuai dengan syariat
Saham-saham akan dipilih berdasarkan daftar efek syariah yang dikelu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar