1. Pengertian perusahaan
Organisasi yang didirikan oleh seseorang
atau sekelompok orang atau badan lain yang kegiatannya melakukan produksi dan
distribusi guna memenuhi kebutuhan ekonomis manusia dengan cara yang
menguntungkan.
2.
Jenis-jenis
perusahaan menurut hukumnya
Ø CV
(Persekutuan Komanditer) : persekutuan yang
didirikan 2 orang atau lebih
Ø Koperasi
:
organisasi ekonomi rakyat yang berwatak social, beranggotakan orang-orang atau
badan hukum
Ø Yayasan
:
suatu badan dimana tujuannya bukan mencari keuntungan tetapi lebih menitik
beratkan pada usaha-usaha sosial
Ø Perseroan Terbatas : suatu badan dimana mempunyai hak dan
kewajiban sendiri secara terpisah dari kekayaan pribadi masing-masing serta
keanggotaan persereon ditujukan dengan jumlah kepemilikan saham perusahaan
3.
Perbedaan
bank konvensional & bank syariah
Perbedaan
|
Bank syariah
|
Bank konvensional
|
Falsafah
|
Tidak berdasarkan spekulasi, dan ketidakjelasan
|
Berdasarkan bunga
|
Operasional
|
Penyaluran pada usaha yang halal dan menguntungkan
|
Dana masyarakat berupa simpanan yang harus dibayar
bunganya pada saat jatuh tempo
|
Aspek sosial
|
Dinyatakan secara eksplisit dan tegas yang tertuang
dalam misi dan visi
|
Tidak diketahui secara tegas
|
organisasi
|
Harus memiliki dewan pengawas syariah
|
Tidak memiliki dewan pengawas syariah
|
4.
Lembaga
keuangan non bank yang ada di Indonesia
Ø
koperasi
kredit: suatu lembaga keuangan berbentuk
koperasi yang usahanya dibidang simpan pinjam
Ø
perum
pegadaian: perusahaan umum milik pemerintah yang
kegiatannya memberikan pinjaman uang yang besarnya senilai dengan barang yang
diserahkan
Ø
perusahaan
asuransi: lembaga yang menghimpun dana memalui
penarikan premi asuransi dan menjanjika akan member ganti rugi apabila terjadi
suatu musibah yang menipa pihak yang bersangkutan
Ø
lembaga dana
pensiun: dana pension ini diperoleh dari
pemotongan gaji pegawai setiap bulan selama masih aktif bekerja, ketika pegawai
telah pensiun tiap bulan akan mendapatka uang pensiun
Ø
lembaga
pembiayaan: badan usaha yang melakukan kegiatan
pembiayaan dalam bentuk penyediaan dana atau barang modal dengan tidak menarik
dana langsung dari masyarakat
Ø
bursa
efek: bertemunya pihak yang menawarkan dengan pihak yang memerlukan dana
(obligasi, saham)
5.
Pengertian
Kartel, Joint Venture, Merger, Trust
Ø
Kartel : Kerjasama
antara beberapa perusahaan yang sejenis di bawah suatu perjanjian tetapi
masing-masing perusahaan tersebut masih berdiri sendiri dan mempunyai kedudukan
yang sama dan waktu perjanjiannya bersifat sementara
Ø Joint
Venture : penggabungan beberapa badan usaha untuk mendirikan satu bentuk usaha
bersama dengan modal bersama.
Ø Merger : proses difusi dua perseroan dengan
salah satu diantaranya tetap berdiri dengan nama perseroannya sementara yang
lain lenyap dengan segala nama dan kekayaannya dimasukan dalam perseroan yang
tetap berdiri tersebut
Ø
Trust : peleburan beberapa
badan usaha menjadi sebuah perusahaan yang baru sehingga diperoleh kekuasaan
yang besar dan monopoli
6.
Gambar
daur/siklus hidup suatu produk
7.
4P
dalam kegiatan utama pemasaran
Ø
Product(produk)
Produk adalah hasil dari proses produksi perusahaan yang nantinya akan dijual perusahaan atau barang yang dibeli u/ dijual kembali kepada konsumen akhir
Produk adalah hasil dari proses produksi perusahaan yang nantinya akan dijual perusahaan atau barang yang dibeli u/ dijual kembali kepada konsumen akhir
Ø
Price(harga)
Harga merupakan alat untuk mengukur nilai suatu barang, harga bagi produsen merupakan penentu bagi permintaan pasar dan mempengaruhi posisi pesaing perusahaan dalam merebut konsumen
Harga merupakan alat untuk mengukur nilai suatu barang, harga bagi produsen merupakan penentu bagi permintaan pasar dan mempengaruhi posisi pesaing perusahaan dalam merebut konsumen
Ø
Place(distribusi/tempat)
Produk yang telah dihasilkan oleh suatu perusahaan akan lebih berguna bagi kensumen/pembeli apabila produk tersebut tersedia pada tempat dan saat dimana saja dibutuhkan
Produk yang telah dihasilkan oleh suatu perusahaan akan lebih berguna bagi kensumen/pembeli apabila produk tersebut tersedia pada tempat dan saat dimana saja dibutuhkan
Ø
Promotion(promosi)
Promosi adalah suatu usaha perusahaan atau individu memberikan informasi dan mempengaruhi serta menarik konsumen secara langsung terhadap produk yang dihasilkan
Promosi adalah suatu usaha perusahaan atau individu memberikan informasi dan mempengaruhi serta menarik konsumen secara langsung terhadap produk yang dihasilkan
8.
Bentuk-bentuk
organisasi
Ø
organisasi
LINI : bentuk organisasi yang didalamnya terdapat garis wewenang yang
menghubungkan langsung secara vertikal antara atasan ke bawahan
Ø
organisasi
fungsional : suatu organisasi dimana wewenang dari
pimpinan tertinggi dilimpahkan kepada kepala bagian yang mempunyai jabatan
fungsional untuk dikerjakan kepada para pelaksana yang mempunyai keahlian
khusus
Ø
organisasi
matrik : organisasi dimana penggunaan struktur organisasi menunjukkan
dimana para spesialis yang mempunyai ketrampilan di masing-masing bagian dari
kegiatan perusahaan dikumpulkan lagi menjadi satu untuk mengerjakan suatu
proyek yang harus diselesaikan
9.
Pengertian
Franchisee & Franchisor
Ø
franchisee
: badan usaha atau perorangan yang diberikan hak untuk
memanfaatkan atau menggunakan hak atas
kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas yang dimiliki pemberi
waralaba
Ø
Franchisor
: badan usaha atau perorangan yang memberikan hak kepada pihak lain
untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau
penemuan atau ciri khas usaha yang dimilikinya
10.
Perbedaan
kewirausahaan & bisnis kecil
secara
sederhana perbedaan antara perusahaan kecil dengan kewirausahaan adalah
berbentuk seorang pemimpin yang mampu memimpin anggotanya untuk mencapai
tujuannya tersebut. Sedangkan perusahaan kecil berbentuk organisasi atau
kelompok kecil
11.
Pengertian
produksi & tipenya
produksi
adalah kegiatan perusahaan untuk menghasilkan barang atau jasa dari bahan-bahan
atau sumber-sumber faktor produksi dengan tujuan untuk dijual lagi.
tipe
produksi :
Ø
tipe
proses produksi terus menerus : biasanya terjadi pada
industri-industri yang hanya memounyai satu shift operasi atau kegiatan
tersebut tidak terhenti dalam jangka waktu yang lama serta barang yang
dihasilkan hampir mempunyai bentuk hampir sama. contohnya : perusahaan semen,
tekstil, mobil. dll
Ø
tipe
proses produksi terputus-putus : tipe ini digunakan pada
perusahaan-perusahaan yang diproduksinya berdasarkan pesanan dari
konsumen(pembeli yang akan membeli). misalnya : meubel, pakaian. dll
12.
Pengertian
pendekatan manajemen & pendekatan fungsi
Ø
Pendekatan
serba manajemen mempelajari pemasaran dengan menitik beratkan
pada pendapat manajer serta keputusan yang mereka ambil.
Ø
Pendekatan
serba fungsi mempelajari jumlah dan macam dari fungsi ini
tergantung pada macam produk dan kebiasaan dalam perdagangan.
13.
Politik
penetapan harga
Penetapan Harga
Psikologis : kebijakan ini biasanya digunakan untuk penjualan barang tingkat
pengecer.
Price Lining : price lining ini lebih banyak digunakan oleh
pengecer daripada pedagang besar atau produsen
Potongan Harga : pengurangan dari
harga yang ada.
Penetapan Harga
Geografis : disini penjual harus mempertimbangkan ongkos kirim atau angkut untuk
barang-barang yang disampaikan pada pembeli
14.
Gambar
bagan organisasi LINI
15.
Ciri-ciri
saham syariah di BII
Ø Saham syariah
mempunyai produk dan mekanisme transaksi yang sesuai dengan prinsip-prinsip
syariah.
Ø Perusahaannya harus
memiliki manajemen dan usaha yang sesuai dengan syariat
Saham-saham akan dipilih berdasarkan daftar efek
syariah yang dikelu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar